Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Liga Futsal Wanita akan diselenggarakan

Minggu, 02 Januari 2011

Share this history on :
Dunia futsal Indonesia memasuki babak baru. Untuk pertama kalinya, PSSI bakal menghelat Liga Futsal Wanita, akhir tahun ini. Klub futsal putri dari kota-kota besar siap bertanding. Yang menang, melaju ke kompetisi tingkat Asia Tenggara, SEA Games.

Sejumlah benih muda futsal perempuan negeri ini berasal dari sebuah SMP negeri di Cibinong, Jawa Barat. Siapakah mereka yang bertekad masuk ke tim futsal nasional ini?
Siang itu, sekitar sepuluh remaja perempuan melakukan pemanasan di lapangan futsal Keradenan, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Begitu instruksi diberikan, anggota tim Netic sigap membentuk formasi barisan dan mulai berlari mengitari lapangan. Merekalah tim futsal putri SMP Negeri 3 Cibinong. Setiap hari selepas sekolah, mereka berlatih futsal selama dua hingga tiga jam.
Usia mereka baru belasan tahun. Tapi, prestasi klub futsal putri ini sudah terdengar hingga tingkat Provinsi. Aneka lawan sudah dilibas, dari tingkat SMA sampai perguruan tinggi dari kota besar.
Latihan keras
Menurut pelatih tim sekaligus bekas wasit futsal Asosiasi Sepakbola Dunia FIFA, Anang Suryana, tim ini unggul karena latihan keras dan membina gerak dasar atletik sejak dini. "Kita bina, kakinya diangkat, lutut dikedepankan. Kan jaraknya akan jauh. Jadi orang lain melakukan langkah tiga kali, kita hanya dua kali, sehingga bermain lama lebih tahan," cerita Anang.
Sekarang mereka di atas rata-rata untuk seusia mereka, lanjutnya.
Tak hanya teknik, anak-anak juga dilatih ketahanan fisik. Untuk mencapai teknik yang baik, fisik juga harus baik, ujar pelatih Nur Aini. "Kita punya tes parameter untuk menentukan, karena usia 11-13 tahun ada tes parameternya. Kalau tes daya tahan itu lari, kekuatan core yaitu kekuatan perut, pangkal paha, dan punggung," jelasnya. Tujuannya ke situ.
Semua anggota tim futsal putri ini berasal dari Kelas Olahraga, kelas khusus bagi anak-anak yang berbakat di bidang olahraga. Kelas ini digagas Dinas Pendidikan Jawa Barat  pada 2008 sebagai salah satu proyek percontohan Kelas Olahraga.
Hak pendidikan
Selain futsal, juga ada cabang atletik, kempo, dan panahan.  Kata Wali Kelas Olahraga SMPN 3 Cibinong, Teguh Hariyadi, Kelas Olahraga dibuat untuk memastikan atlet muda mendapatkan hak pendidikan mereka.
Banyak atlet-atlet berbakat tidak terlayani sekolahnya. "Selama ini, kalau ada anak izin untuk bertanding atau berlatih, susah izin ke sekolah, maka kita bentuk konsep Kelas Olahraga," jelas Teguh.
Fasilitasnya selain mereka harus berlatih, mereka juga mendapatkan fasilitas pelayanan bimbingan belajar. Jadi program latihan itu tetap dilaksanakan. "Pagi boleh, sore boleh, siang boleh," lanjut Teguh.
Saat ketinggalan pelajaran, maka tugas guru bimbingan belajar untuk menambah jam pelajaran yang tertinggal.
Terima kAsih Atas Kunjungan Anda , Punya Pertanyaan ? kontak ke: sibuk_blog@yahoo.com . Dan jangan lupa comment yaa .. hehehehe Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : sibuk_blog@yahoo.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 Comments:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner