Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Sriwijaya kalahkan Muang Thong lewat adu Penalti

Sabtu, 12 Februari 2011

Share this history on :
 Sriwijaya FC yang menjamu tamunya asal Thailand di Stadion Jakabaring, Palembang, itu justru kelabakan dengan permainan pendek Muang Thong yang berfokus pada penguasaan bola. Peluang pertama dibuka gelandang Timnas Thailand Datsakorn Thonglao lewat tendangan kerasnya. Beruntung kiper nomor dua Timnas Indonesia Ferry Rotinsulu berhasil menepisnya.
Meski tampil tanpa Oktovianus Maniani, Laskar Wong Kito tak tinggal diam menerima tekanan. Sebuah skema serangan berhasil diselesaikan dengan sundulan Rudi Widodo namun bola masih tepat di pelukan kiper lawan.
Permainan semakin menarik memasuki pertengahan babak pertama dimana Sriwijaya mendapatkan kembali kepercayaan dirinya dan mengimbangi penguasaan bola Muang Thong.
Dua peluang didapat masing-masing oleh Arif Suyono dan Keith Kayamba Gumbs, namun hingga 45 menit babak pertama usai, belum ada tim yang mampu mencetak gol.
Hanya tiga menit babak kedua berjalan, gol yang ditunggu-tunggu publik Palembang akhirnya tercipta. Gawang Muang Thong bergetar lewat tendangan bebas Keith Kayamba Gumbs pada menit 49. Bola sempat berbelok arah sebelum menggetarkan gawang Kawin Thamsatchanan karena membentur pagar betis.
Unggul satu gol membuat Sriwijaya FC semakin percaya diri dan meningkatkan penguasaan bola, bahkan Laskar Wong Kito hampir mencetak gol kedua tak lama kemudian, saat Arif Suyono tinggal berhadap-hadapan dengan kiper lawan. Alih-alih memberi umpan kepada rekannya yang berdiri cukup bebas, Arif mencoba mencatatkan namanya dalam daftar pencetak gol namun gagal.
Sayang kepercayaan diri yang meningkat tidak diimbangi kewaspadaan. Sang lawan yang tak mau kehilangan kesempatan tampil di putaran grup Liga Champions Asia mencoba memanfaatkan peluang seoptimal mungkin setiap kali mendapat celah.
Alhasil, sembilan menit jelang laga rampung, pelanggaran terjadi di depan kotak penalti Sriwijaya. Datsakorn yang menjadi eskekutor berhasil mencetak gol penyeimbang.
Keith Kayamba Gumbs hampir membawa Sriwijaya unggul kembali di menit-menit akhir, namun sama seperti Arif, Gumbs yang berusaha mencetak gol meski kawannya cukup terbuka justru kehilangan bola karena disambar lawan.
Di menit tambahan babak kedua Sriwijaya unggul satu pemain setelah skuad Timnas Thailand lainnya, Panupong Wongsa, mendapat kartu kuning kedua akibat pelanggaran terhadap Keith. Pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tambahan karena belum muncul pemenang selama 90 menit.
Unggul jumlah pemain bukan berarti pekerjaan Sriwijaya lebih ringan. Sang tamu justru berhasil mencuri gol lewat penyerang Timnas Thailand yang pernah menimba ilmu di Manchester City, Teerasil Dangda pada menit 93.
Meski tampak kelelahan, Laskar Wong Kito yang pantang menyerah akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Thierry Gathuessi pada menit 112, menyambar crossing akurat Budi Sudarsono. Laga pun berlanjut pada adu penalti yang menegangkan.
Empat penendang dari masing-masing tim sukses menjalankan tugasnya. Namun dua penendang berikutnya dari kedua tim sama-sama gagal.
Claudiano Alves dan Gatthuesi gagal menunaikan tugas dari Sriwijaya FC sementara Dagno Siaka dan Cristian Kouakou dari kubu Muang Thong berhasil ditepis kiper Ferry Rotinsulu.
Kemenangan ditentukan pada penendang ketujuh. Achmad Jufrianto berhasil menggetarkan jala Muang Thong sementara Werawoot Kayem gagal. Adu penalti berakhir dengan kedudukan 7-6 bagi Sriwijaya.
Kemenangan ini mengantarkan Sriwijaya ke final play-off wilayah timur, dimana telah menanti Al-Ain. Kemenangan atas wakil dari Qatar ini akan mengantarkan Laskar Wong Kito ke babak Grup Liga Champions. Bila gagal, mereka akan tampil di Piala AFC.
Terima kAsih Atas Kunjungan Anda , Punya Pertanyaan ? kontak ke: sibuk_blog@yahoo.com . Dan jangan lupa comment yaa .. hehehehe Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : sibuk_blog@yahoo.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 Comments:

Subscribe via email

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner